Jumat, 03 Juli 2015

Pariwisata Favorit di Jawa Tengah

Siapapun orangnya pasti menyukai wisata, ketika ada kesempatan dan ada peluang pasti ikut berwisata, apalagi tempat wisatanya yang sudah terkenal dan banyak pengunjung domestik dan mancanegara, salah satunya adalah Candi Borobudur.

Candi Borobudur adalah Candi Budha yang dibangun pada zaman dinasti Syailendra pada abad 8 masehi, yang terletak di kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang diakui UNESCO. yang merupakan tempat wisata favorit dan kebanggaan bangsa Indonesia.



Menuju Lokasi wisata bisa dari arah kota Magelang juga bisa dari arah Purworejo, Wisatawan dari arah barat lebih enak lewat jalur Purworejo dan dari arah timur lebih enak lewat jalur Magelang.
Udara di lokasi wisata lumayan sejuk tapi cukup panas kalau menurut saya (orang Bandung) suhu setara Yogyakarta tapi masih dibawah Jakarta, Jadi Jangan salah Costum kalau hendak wisata kesana, dan juga ada track tangga yang cukup tinggi untuk menjelajahi kemegahan Candi.
Banyak wisatawan yang datang dari dalam dan luar negeri, jadi terkadang pas lagi ramai jalan di anak tangga pun berdesak-desakan. dan bagi anda yang jarang berolah raga akan merasa kelelahan seperti saya ketika baru menaiki setengah bagian Candi, tapi rasa lelah hilang dan kalah dengan serunya, keindahan dan kemegahan Candi. setelah berada di dekat Stupa paling atas dan paling besar akan terlihat pemandangan sekeliling Candi.



Dari Gerbang Masuk sudah terlihat keindahan wisatanya, di halaman depan Candi ada taman-taman, pohon-pohon disamping kiri dan kanan terasa nyaman untuk berdiam lama dan anak-anak bermain, ditambah dengan adanya kursi-kursi taman untuk beristirahat, ada juga kereta wisata yang bergandengan untuk berkeliling menikmati pemandangan seputar kawasan candi, dan sudah mempunyai track atau jalur khusus sehingga tidak bisa maju atau belok sembarangan atau menuruti keinginan penumpang.






Walaupun Cape tapi seru dan menyenagkan, di kawasan parkir banyak pedangan oleh-oleh, handycraft dan makanan, para pedagan dan petugasnya pun ramah-ramah, bagi para ibu-ibu pasti senang berlama-lama di kawasan ini.


Untuk masuk ke kawasan Candi Borobudur kita harus membayar tiket sebesar Rp.30.000,- perorang untuk dewasa dan Rp.12.500,- perorang untuk anak-anak, Untuk wisatawan mancanegara USD 20 untuk dewasa dan USD 10 untuk anak-anak.

Sarana dan Prasarana sudah lebih baik seperti Toilet, tempat istirahat, tempat ibadah dan lainnya.
Pasti menyenangkan dan ingin kembali lagi untuk berwisata.

Tempat wisata yang terdekat dengan Borobudur juga banyak diantaranya :
- Candi Prambanan, Sleman
- Air Terjun Kedung Kayang, Magelang
- Air Terjun Sekar Langit, Magelang
- Perbukitan Menoreh, Magelang
- Ketep Pass, Magelang
- Kraton Yogyakarta
- Malioboro Yogyakarta
- dan masih banyak lagi tempat wisata di Jawa Tengah

Masih Banyak tempat Wisata lainnya di Jawa Tengah yang belum sempat dikunjungi dan ceritanya lebih menyenangkan lagi, mudah-mudahan kita diberikan kesempatan dan peluang untuk jadi wisatawannya, amin.